MAHASISWA FKG USK RAIH EMPAT KEJUARAAN NASIONAL

Sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Syiah Kuala berhasil meraih kejuaraan di berbagai kompetisi tingkat nasional. Semua raihan tersebut didapatkan dalam rentang bulan Agustus-Oktober 2022.

Pada 15 Oktober lalu, dua tim FKG berhasil meraih juara pada event 16th dentistry scientific meeting (DSM) FKG Universitas Indonesia Tahun 2022. Kegiatan bertema “Sustainability in Dentistry: To Create a Long Lasting Bright Smile” ini memiliki beberapa cabang perlombaan diantaranya National Literature Review Competition, National Poster Competition, International Video Competition, National Dental Scientific Olympiad, dan National Essay Competition.

Dua tim FKG USK berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 pada cabang National Literature Review Competition. Tim 1 terdiri dari Salsabilla Latansa Nazaruddin, Cut Bunga Dara Phonna, dan Fadia Melfany dengan dosen pembimbing Viona Diansari, S.Si., M.Si. Tim 2 terdiri dari Bella Amanda, Auli Simahara Siagian, dan Raisa Amalia Yerman dengan dosen pembimbing Dr. drg. Liza Meutia Sari, Sp.PM.

Salsabila dan tim mempresentasikan literature review yang berjudul “Modifikasi Rubber Dam Menggunakan Kombinasi Natural Rubber Latex dengan Filler Nanofiber Selulosa Ubi Kayu”, sedangkan Bella dan timnya memaparkan karya dengan judul “Potensi Gel Kulit Pisang dan Daun Mint sebagai Agen Pemutih Gigi, Pembersih Mulut, dan Antibakteri”.

Kemudian, pada 8 Oktober 2022, mahasiswa FKG USK meraih Juara 2 National Essay Competition pada event Epodent 2.0 Tahun 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Kegiatan ini mengangkat tema: Kesehatan Gigi dan Mulut di komunitas. Cabang perlombaan dalam ajang ini adalah National Essay Competition dan Poster Competition. Mahasiswa FKG USK yang diwakili oleh Muharrir Ammarul Ikram mengikuti kegiatan tersebut dengan karya essay tentang “Garda Dent.id: Optimalisasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Autism Spectrum Disorder dengan Riwayat Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular”. Pada tanggal 25 September 2022 diumumkan pemenang dalam ajang ini, dengan urutan pemenang: Juara 1 dari FKG Universitas Sumatera Utara, Juara 2 dari Universitas Syiah Kuala, dan juara Favorit dari Universitas Gadjah Mada.

Selanjutnya, pada 29 Agustus 2022, Aliza Khansa dari Angkatan 2020 mahasiswa FKG berhasil meraih Juara III untuk kategori Painting di ajang Phantom Universitas Indonesia tahun 2022. Kegiatan kompetisi PHANTOM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengangkat tema: “Reviving the Retrospective Youth”. Kegiatan ini merupakan program kerja BEM FKG UI yang dibuat untuk meningkatkan potensi diri serta kreativitas mahasiswa/i rumpun ilmu kesehatan seluruh Indonesia.

Terakhir, pada 1 Agustus 2022, mahasiswa FKG USK berhasil meraih Juara 1 National Essay Competition pada Kegiatan kompetisi PHYSCOMP Olimpiade Nasional Fisioterapi UPN Veteran Jakarta 2022. Kegiatan ini mengangkat tema: Kenali Kesehatan Otot dan Tulang Sebagai Kunci Gemilang Masa Tua Anda. Cut Bunga Dara Phonna mengikuti kegiatan tersebut mewakili FKG USK dengan membawakan assay berjudul “Pencegahan Osteoporosis pada Pekerja Shift”. Pada tanggal 30 Juli 2022, Bunga mempresentasikan hasil karya Essay di depan dewan juri dan diumumkan sebagai Juara 1 National Essay Competition pada tanggal 1 Agustus 2022, dengan urutan: Juara 1 dari Universitas Syiah Kuala, Juara 2 dari Universitas Indonesia, dan Juara 3 dari FIKES UMM.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Agussabti, M.Si, IPU., menyampaikan selamat dan rasa bangganya terhadap prestasi mahasiswa FKG USK tersebut. Menurutnya, prestasi para mahasiswa ini patut menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Ia juga berharap kompetisi seperti ini tidak hanya sebagai ajang mengikuti perlombaan saja, namun ini bisa sebagai wadah meningkatkan skil dan pengalaman sebagai bekal para mahasiswa di masa depan.

“Terus kolaborasikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman sebagai modal dalam persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif” tuturnya.

Layanan Online

Akses Layanan Online Unsyiah