• AKSI KANINUS 9

     

    (Bener Meriah, 27/09/2019). Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala mengadakan bakti sosial Aksi Kaninus 9 di tanggal 26-29 September 2019 di kabupaten Bener Meriah. Dengan mengusung tema “ satukan langkah, samakan tujuan, kita sehatkan gigi anak bangsa” kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa pre klinik, dokter gigi muda, dan staf pengajar FKG Unsyiah sejumlah 270 orang. Aksi kaninus 9 meliputi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama, home visit, bazar, pengukuran tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan pengobatan gigi dasar ( pembersihan karang gigi, penambalan gigi anak, dewasa dan pencabutan gigi). Khusus untuk pengobatan gigi dasar dipusatkan di SD Mutiara Kecamatan Bandar.

    Kegiatan aksi kaninus 9 secara resmi dibuka oleh Assisten II / bidang perekonomian mewakili Bupati kabupaten Bener Meriah. Turut hadir dalam acara pembukaan Komandan Kodim , Ketua DPRK, Kapolres Bener Meriah, dan para tokoh masyarakat. Dalam sambutan mewakili Bupati, Assisten II / perekonomian setwida menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Bener Meriah sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan aksi kaninus 9 ini. Saat ini telah banyak kerjasama rutin dari beberapa fakultas di lingkungan Universitas syiah kuala dengan kabupaten bener meriah dengan titik berat bidang pertanian, perkebunan, dan perekonomian, namun baru kali ini dilaksanakan kegiatan promosi kesehatan gigi dan mulut oleh fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala. Harapan pemerintah kabupaten Bener Meriah, di tahun-tahun mendatang kegiatan aksi kaninus dapat rutin dilaksanakan secara berkesinambungan di lingkungan wilayah Bener Meriah Dalam pelaksanaan Kegiatan Aksi kaninus 9 tahun 2019 ini. 

    Pasien yang ditangani sebanyak 900 orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak, home visit sejumlah 20 rumah , pelaksanaan bazar yang diikuti ratusan warga kecamatan bandar. Camat Kecamatan Bandar Bener Meriah dalam acara penutupan aksi kaninus 9 atas nama masyarakat mmberi apresiasi setinggi-tingginya kepada FKG Unsyiah yang telah memilih kecamatan bandar sebagai tempat pusat pelaksanaan bakti sosial. Beliau menyampaika bahwa kecamatan bandar dengan berbesar hati , penuh harap agar aksi kaninus berikutnya bisa diselenggarakan kembali di kecamatan bandar secara rutin. Aksi Kaninus 9 diakhiri dengan gathering di daerah wisata win kulus yang diisi dengan acara ramah tamah, makan siang dan foto bersama sebelum kembali ke FKG Unsyiah.