• Renstra FKG UNSYIAH

    RENSTRA FKG UNSYIAH 2019-2024

    Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala merupakan road map pengembangan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala 2019-2024 sebagai tahapan kegiatan dari sistem perencanaan yang akan menghasilkan seperangkat kebijaksanaan dan rencana program berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan dan kinerja yang telah dicapai. Renstra yang disusun merupakan acuan untuk implementasi pelaksanaan program secara terarah dan terukur sesuai dengan target yang akan dicapai. Renstra merupakan alat dan strategi yang dipakai dalam mewujudkan visi dan misi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala sesuai dengan target yang telah dicanangkan.

    Pembangunan pendidikan nasional termasuk pendidikan tinggi dimasa depan diarahkan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan mental, berilmu, terampil, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab serta memiliki wawasan kemasyarakatan dan kebangsaan yang tinggi. Untuk meningkatkan kualitas lulusan, dilakukan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan lapangan kerja dan persaingan global serta kebutuhan pembangunan lokal dan nasional dengan memasukkan kegiatan kewirausahaan, mengadakan kuliah tamu dari dalam dan luar negeri, serta pelatihan dan lokakarya dari berbagai kalangan pengguna lulusan perguruan tinggi.

    Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala secara berkesinambungan berupaya untuk meningkatkan jumlah dan mutu penelitian, memperbaiki fasilitas penunjang pendidikan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas peralatan laboratorium, pengembangan fasilitas perpustakaan, melakukan perawatan dan perbaikan sarana pendidikan yang ada melalui berbagai kerjasama dengan pihak luar. Hal ini guna menunjang peningkatan kualitas proses belajar mengajar dalam upaya penyelesaian studi tepat waktu sehingga dapat mengurangi akumulasi jumlah mahasiswa. Kegiatan pengabdian pada masyarakat diarahkan untuk kemaslahatan melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk 3 maksud tersebut dilakukan peningkatan kerjasama pengabdian dengan pihak luar seperti masyarakat, instansi, dan organisasi yang ada. Disamping itu melalui optimalisasi pemanfaatan bersama sarana dan prasarana yang ada, menjalin dan meningkatkan mekanisme kerjasama yang jelas dengan institusi terkait untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kinerja, efisiensi, dan produktivitas.