• Renop 2015-2019

    BAB I

    1.  

     

    Dokumen rencana operasional (Renop) ini adalah penjabaran lanjutan dari Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Tahun 2015-2019.

    Dokumen renop ini berisi visi, misi, tujuan, sasaran, indikator kerja untuk kegiatan serta program yang akan dilaksanakan demi mencapai visi dan misi dalam mewujudkan FKG Unsyiah sebagai institusi pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan dengan daya saing yang tinggi di dunia kerja.

    Dokumen renop FKG Unsyiah disusun secara berjenjang dan merupakan hasil penyusunan yang bersifat partisipatif dan kontributif. Target-target yang ditetapkan dalam dokumen renop adalah hasil kesepakatan bersama seluruh pengelola FKG Unsyiah.

    Renop ini juga berisi program maupun kegiatan yang memiliki indikator-indikator yang terukur pada setiap tahunnya sehingga tingkat keberhasilan serta pencapaian tujuan sasarannya dapat dinilai. Indikator kinerja utama merupakan indikator kerja yang digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan dan sasaran strategis.

    Indikator kinerja merupakan indikator kinerja secara keseluruhan yang melengkapi indikator kinerja utama. Dengan penetapan indikator tersebut diharapkan pelaksanaan program dan kegiatan di unit-unit pelaksana kegiatan menjadi terarah secara maksimal dalam mencapai tujuan dan sasaran FKG Unsyiah.

     

    1. VISI, MISI, TUJUAN, TATA NILAI, DAN SASARAN

    Renstra Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala tahun 2015-2019 disusun berdasarkan isu kepentingan publik yang didasari pada kepentingan nasional dan daerah. Oleh karena itu sebagai pedoman dan arah kebijakan untuk menentukan arah pengembangan fakultas dalam tahun-tahun kedepan, maka disusunlah visi, misi, tujuan, tata nilai, dan sasaran FKG Unsyiah.

     

    1.1 Visi

    Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang inovatif dan terkemuka di tingkat nasional untuk menghasilkan lulusan yang profesional, mandiri, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.

     

    1.2 Misi

    Dalam upaya untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, misi Fakultas Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Kuala adalah:

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran kedokteran gigi yang berkualitas serta profesional berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung etika dan moral.
    2. Mengembangkan program pendidikan sesuai kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi (IPTEKDOKGI) dengan berlandaskan Iman dan Taqwa (IMTAQ).
    3. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian kedokteran gigi sebagai upaya pengembangan pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi.
    4. Melaksanakan pengabdian dan pelayanan kesehatan gigi yang optimal kepada masyarakat melalui kerjasama lintas sektoral. 

     

    1.3 Tujuan

    1. Menjadikan Fakultas yang bermutu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian.
    2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi untuk  menerapkan dan melaksanakan ilmu pengetahuan kedokteran gigi berdasarkan nilai-nilai iman dan taqwa.
    3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplentasikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi yang diterapkan dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.
    4. Meningkatkan kerjasama institusi di bidang kedokteran gigi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

     

    1.4 Tata Nilai

    Untuk mencapai tujuan tersebut, kebijakan penyelenggaraan kegiatan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala didasarkan pada tata nilai yang mengarah kepada :

    1. Kepemimpinan yang kuat, menunjukkan perilaku visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan bertanggung jawab.
    2. Kreatifitas dan inovasi, selalu mencari ide-ide baru untuk dapat menjalankan tugas dan peran yang lebih baik.
    3. Etika dan integritas dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, menjalankan profesi, berpegang tegus pada norma-norma atau pada peraturan yang berlaku dimasyarakat, negara, dan agama serta kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan.
    4. Sinergi, bekerjasama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala.
    5. Ekselensi, berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna, kebersamaan sosial dan tanggung jawab dalam menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar.

     

    1.5 Sasaran

    1. Melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi

    Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah menerapkan sistem pembelajaran berbasis kompetensi dengan metode Problem Based Learning (PBL). Tujuan penerapan metode ini adalah untuk mengimbangi tuntutan global terutama dalam hal pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigiserta untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Konsil Kedokteran Gigi Indonesia (KKGI) .

     

    1. Memiliki Tenaga Pengajar dan Tenaga Administrasi yang kapabel Penyelenggaraan proses belajar mengajar selain didukung oleh fasilitas yang memadai juga didukung oleh tenaga pengajar yang memiliki kompetensi dan kualifikasi di bidang ilmu  maupun reputasi dalam komunitas bidang yang ditekuninya. Selain itu, tenaga administrasi merupakan unsur penting untuk mendukung terselenggaranya aktivitas belajar-mengajar serta kepentingan administrasi fakultas.

     

    1. Menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar-mengajar

    Sarana dan prasarana akademik memiliki hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan, kebutuhan fasilitas tersebut sebagai penunjang untuk memperoleh mutu yang baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, disamping penguatan bidang ilmu dan profesi kedokteran gigi.

     

    1. Pengembangan sistem pelayanan administrasi

    Sistem penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan administrasi terus diperbaiki, mulai dari sistem perekrutan tenaga pengajar, mahasiswa maupun tenaga administrasi dalam pengelolaan fakultas. Sistem pelayanan administrasi tersebut menjadi penting sebagai satu kesatuan dalam pengelolaan fakultas.

     

    1. Pengembangan perencanaan dan kerjasama

    Perencanaan untuk pengembangan FKG dilakukan secara berkala oleh pengelola fakultas yang disusun berdasarkan evaluasi bulanan, tiga bulanan, enam bulanan dan menjadi rekomendasi untuk perencanaan program tahunan fakultas. Disamping itu fakultas menjalin kerjasama dalam rangka memperkuat kelembagaan dan pengembangan legitimasi untuk kepentingan publik dan reputasi alumni.

     

    1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif

    Aktivitas akademik FKG Unsyiah merujuk kepada sistem dan aturan yang berlaku di lingkungan Unsyiah, upaya untuk memperbaiki dan menciptakan suasana akademik yang kondusif  terus diupayakan oleh fakultas sebagai modal pencitraan kepada publik.

     

    1. Melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan

    Berbagai kegiatan pengabdian telah dan akan dilaksanakan oleh  FKG Unsyiah, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat, dalam bentuk bakti sosial berupa pengobatan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

     

     

    BAB II

    RENCANA OPERASIONAL

     

    2.1       Pencapaian Visi, Misi, Tujuan melalui Sasaran

                Rencana Operasional FKG Unsyiah tersusun dalam bentuk tabel yang terdiri dari tujuan yang didalamnya diuraikan menjadi sasaran yang terdiri atas program, kegiatan dan Indikator yang harus dicapai.

    Tabel 2.1 Rencana Operasional

    Tujuan 1   : Menjadikan Program Studi yang bermutu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian

    Sasaran 1 : Melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

    Program

    Strategi Pencapaian

    Indikator

    Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi

    Menerapkan kurikulum dan metode pembelajaran yang efektif dan efisien

    Penerapan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (SKDGI), dan pelaksanaan  proses pembelajaran berdasarkan Standart Operational Procedure (SOP)

    Revisi kurikulum yang sesuai dengan standar nasional setiap 5 tahun sekali

    Sasaran 2   : Memiliki staf pengajar dan tenaga kependidikan yang berkualitas

    Seleksi penerimaan staf pengajar maupun tenaga pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan program studi

    Menyusun dan menetapkan standar seleksi penerimaan yang ideal dan sesuai dengan kompetensi

    Seleksi dilakukuan secara transparan dan terbuka sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan

    Merekrut calon staf pengajar dari kalangan lulusan FKG Unsyiah yang berkualitas

    Lulusan FKG Unsyiah yang berprestasi dan berintegriti  diangkat menjadi staf pengajar

    Pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi staf pengajar dan tenaga pendidikan

    Melaksanakan kursus dan pelatihan untuk para staf pengajar dan tenaga kependidikan

     

     

    Kursus dan pelatihan dilakukan minimal sekali dalam setahun

     

    Pemberian rekomendasi dan beasiswa kepada staf pengajar untuk studi lanjutan ke jenjang S2, S3, dan Spesialis

    Bertambahnya staf pengajar S2, S3, dan Spesialis

    Jumlah proporsi staf pengajar tahap akademik adalah 1:10, dan tahap profesi adalah 1:5

    Memfasilitasi proses sertifikasi staf pengajar

    Jumlah staf pengajar yang tersertifikasi bertambah dari tahun ke tahun

    Sasaran 3 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian staf pengajar

    Peningkatan sarana dan prasarana dalam bidang penelitian

     

     

     

     

     

    Menyediakan laboratorium integrasi yang memiliki kelengkapan alat maupun bahan

    Semakin banyaknya riset yang dilakukan oleh staf pengajar, yang terdiri dari 30 penelitian staf pengajar secara mandiri, 2 penelitian hibah, dan 5 penelitian dosen muda

    Tugas akhir penelitian para mahasiswa program studi dapat selesai dalam 1 semester

    Peningkatan unit publikasi program studi

    Cakradonya Dental Journal (CDJ) mendapatkan akreditasi

    Jurnal CDJ terbit 2 kali dalam setahun

    Peningkatan penelitian dosen

    Memiliki Pohon Penelitian di tingkat fakultas untuk pengembangan potensi keilmuan

    Setiap bagian memiliki 1 cabang dari pohon penelitian

    Meningkatnya jumlah publikasi nasional dan internasional, yang terdiri dari 30 publikasi pada jurnal nasional, dan 2 publikasi pada jurnal internasional

     

     

    Mengadakan seminar ilmiah yang berskala internasional sekali dalam 3 tahun

    Sasaran 4 : Meningkatkan kerjasama dengan unsur pemerintah/swasta dalam bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat

    Memperluas dan membangun kerjasama dengan pihak pemerintah/swasta

    Membuat jadwal rutin kegiatan Bakti Sosial

    Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan minimal 3 kali setahun

    Tujuan 2 : Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi untuk  menerapkan dan melaksanakan ilmu pengetahuan kedokteran gigi  berdasarkan nilai-nilai iman dan taqwa

    Sasaran 1   : Meningkatnya lulusan sarjana dan dokter gigi yang berkualitas

    Program

    Strategi Pencapaian

    Indikator

    Peningkatan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan lokal, nasional, dan global

     

    Mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi UKMP2DG dengan cara mengadakan bimbingan belajar minimal 4 bulan sebelum ujian dan try out berkala minimal 1 bulan sekali

    Meningkatkan jumlah lulusan UKMP2DG (OSCE dan CBT) mencapai 90%

    Menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu dan skills yang baik sesuai dengan kompetensi

    IPK sarjana adalah minimal ≥ 3,00 dan IPK dokter gigi adalah minimal ≥ 2,75

    Meningkatkan standar mutu pendidikan pada Program Studi

    Meningkatnya akreditasi A pada program studi

    Pembentukan pribadi lulusan dokter gigi yang memiliki dasar-dasar iman dan taqwa

    Melaksanakan Unit Pengembangan Program Pendamping Agama Islam (UP3AI)

    Terlaksananya kegiatan UP3AI dalam 2 semester di tahun pertama 

    Sasaran 2 : Menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar-mengajar

    Pengembangan dan pendayagunaan fasilitas program studi dan fakultas

    Perluasan dan pembangunan gedung baru

    Berdirinya gedung baru yang dimilki oleh FKG Unsyiah dengan fasilitas yang nyaman untuk suasana belajar

    Meningkatan kualitas metode dalam proses pembelajaran

    Bertambahnya jumlah kelengkapan alat dan bahan di ruang Skils Lab

    Seluruh staf pengajar melakukan sistem E-learning

    Tujuan 3 : Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplentasikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi yang diterapkan dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat

    Sasaran  : Terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas

    Program

    Strategi Pencapaian

    Indikator

    Peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat

    Pendistribusian lulusan dokter gigi ke puskesmas di wilayah provinsi Aceh

     

    Tersebarnya lulusan dokter gigi di ke hampir semua wilayah kabupaten/kota dalam provinsi Aceh

    Tujuan 4 : Meningkatkan kerjasama institusi di bidang kedokteran gigi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    Sasaran : Terciptanya kerjasama nasional dan internasional

    Pengembangan kerjasama nasional dan internasional bidang kesehatan dan Kedokteran Gigi

    Melakukan studi banding pada institusi pendidikan baik nasional dan internasional

    Terjalin kerjasama dengan institusi yang dikunjungi seperti penelitian bersama, pertukaran staf pengajar dan juga mahasiswa

     

    Melakukan kerjasama penelitian atau penulisan ilmiah dengan institusi nasional maupun internasional

    Terciptanya penelitian bersama ataupun publikasi ilmiah bersama antar institusi

     

    Memperkenalkan FKG Unsyiah di lingkup nasional dan internasional melalui keikutsertaan di berbagai kegiatan ilmiah

    Partisipasi staf pengajar maupun mahasiswa sebagai pembicara di berbagai kegiatan ilmiah

     

     

    Kunjungan pihak institusi luar ke FKG Unsyiah

     

                Untuk mencapai target kinerja yang sesuai dengan RENSTRA FKG UNSYIAH 2014-2018  maka ditetapkanlah strategi, kebijakan, dan program yang akan dijalankan.

     

    2.2 Penetapan Indikator dan Sasaran Tahunan

                Segala bentuk kebijakan yang dilakukan untuk pencapaian sasaran semestinya berwujud suatu program yang merupakan kegiatan tahunan. Penetapan indikator kerja dalam masing-masing kegiatan telah ditetapkan dalam Renstra sehingga penetapan indikator dan sasaran tahunan merupakan sinkronisasi antara sasaran dan indikator kinerja tahunan.

                Renop program dirancang secara bertahap dengan waktu dan dievaluasi berdasarkan capaian kinerjadengan indikator tertentu untuk masing-masing rencana program sebagaimana disajikan berikut.

     

    Tabel 2.2 Indikator Target

    Tujuan 1   : Menjadikan Program Studi yang bermutu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian

    Sasaran 1 : Melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

    Indikator Target

    •  
    •  
    1.  
    1.  
    1.  
    1.  
    1.  

    Penerapan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (SKDGI), dan pelaksanaan  proses pembelajaran berdasarkan Standart Operational Procedure (SOP)

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Revisi kurikulum yang sesuai dengan standar nasional setiap 5 tahun sekali

     

    80%

    85%

    90%

    95%

    100%

    Sasaran 2   : Memiliki staf pengajar dan tenaga kependidikan yang berkualitas

    Seleksi dilakukuan secara transparan dan terbuka sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan

     

    6 orang

    5 orang

    4 orang

    3 orang

    2 orang

    Lulusan FKG Unsyiah yang berprestasi dan berintegriti  diangkat menjadi staf pengajar

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Kursus dan pelatihan dilakukan minimal sekali dalam setahun

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Bertambahnya staf pengajar S2, S3, dan Spesialis

     

    3 orang

    3 orang

    2 orang

    2 orang

    2 orang

    Jumlah proporsi staf pengajar tahap akademik adalah 1:10, dan tahap profesi adalah 1:5

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Jumlah staf pengajar yang tersertifikasi bertambah dari tahun ke tahun

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Sasaran 3 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian staf pengajar

    Semakin banyaknya riset yang dilakukan oleh staf pengajar, yang terdiri dari 30 penelitian staf pengajar secara mandiri, 2 penelitian hibah, dan 5 penelitian dosen muda

     

    80%

    85%

    90%

    95%

    100%

    Tugas akhir penelitian para mahasiswa program studi dapat selesai dalam 1 semester

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Cakradonya Dental Journal (CDJ) mendapatkan akreditasi

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Jurnal CDJ terbit 2 kali dalam setahun

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Setiap bagian memiliki 1 cabang dari pohon penelitian

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Meningkatnya jumlah publikasi nasional dan internasional, yang terdiri dari 30 publikasi pada jurnal nasional, dan 2 publikasi pada jurnal internasional

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Mengadakan seminar ilmiah yang berskala internasional sekali dalam 3 tahun

     

    20%

    25 %

    30 %

    35%

    40%

    Sasaran 4 : Meningkatkan kerjasama dengan unsur pemerintah/swasta dalam bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat

    Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan minimal 3 kali setahun

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Tujuan 2 : Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi untuk  menerapkan dan melaksanakan ilmu pengetahuan kedokteran gigi  berdasarkan nilai-nilai iman dan taqwa

    Sasaran 1   : Meningkatnya lulusan sarjana dan dokter gigi yang berkualitas

    Meningkatkan jumlah lulusan UKMP2DG (OSCE dan CBT) mencapai 90%

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    IPK sarjana adalah minimal ≥ 3,00 dan IPK dokter gigi adalah minimal ≥ 2,75

     

    70 %

    80 %

    85 %

    90 %

    100 %

    Meningkatnya akreditasi A pada program studi

     

    20%

    25 %

    30 %

    35%

    40%

    Terlaksananya kegiatan UP3AI dalam 2 semester di tahun pertama 

     

    100%

    100%

    100%

    100%

    100%

    Sasaran 2 : Menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar-mengajar

    Berdirinya gedung baru yang dimilki oleh FKG Unsyiah dengan fasilitas yang nyaman untuk suasana belajar

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Bertambahnya jumlah kelengkapan alat dan bahan di ruang Skils Lab

     

    20%

    25 %

    30 %

    35%

    40%

    Seluruh staf pengajar melakukan sistem E-learning

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Tujuan 3 : Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplentasikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi yang diterapkan dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat

    Sasaran  : Terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas

    Tersebarnya lulusan dokter gigi di ke hampir semua wilayah kabupaten/kota dalam provinsi Aceh

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Tujuan 4 : Meningkatkan kerjasama institusi di bidang kedokteran gigi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    Sasaran : Terciptanya kerjasama nasional dan internasional

    Terjalin kerjasama dengan institusi yang dikunjungi seperti penelitian bersama, pertukaran staf pengajar dan juga mahasiswa

     

    20%

    25 %

    30 %

    35%

    40%

    Terciptanya penelitian bersama ataupun publikasi ilmiah bersama antar institusi

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

    Partisipasi staf pengajar maupun mahasiswa sebagai pembicara di berbagai kegiatan ilmiah

     

    20%

    25 %

    30 %

    35%

    40%

    Kunjungan pihak institusi luar ke FKG Unsyiah

     

    50%

    60%

    70%

    80%

    90%

     

    BAB III

    PENUTUP

     

    Renop 2015-2019 FKG Unsyiah merupakan perwujudan operasional dari Renstra yang telah disusun. Oleh sebab itu, Renop menjadi pedoman dalam pelaksanaan strategi agar visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan dapat sesuai sasaran. Rencana operasional disusun pertahun berdasarkan hasil rapat kerja dan direalisasikan perbulan.